Sabtu, 21 Oktober 2017

Begini Caranya Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Sejak dulu hingga kini, virus shortcut yang sering menginfeksi flashdisk atau SD Card (kartu memori) memang merupakan hal yang mengganggu para penggunanya. Virus shortcut ini adalah virus yang menular. Misalnya flashdisk orang yang terkena virus shortcut dicolokkan ke komputer Anda, maka secara otomatis komputer Anda telah terinfeksi virus tersebut. Sehingga, ketika Anda mencolokkan flashdisk Anda ke komputer Anda, maka flashdisk Anda pun tertular dan terinfeksi virus shortcut tersebut. Dan begitulah seterusnya, dari satu flashdisk ke flashdisk lainnya. Kecuali jika Anda telah menghilangkan virus tersebut dengan aplikasi anti virus atau melakukan instal ulang OS misalnya.

Virus Shortcut 
Gambar : dosenit.com   
Lalu bagaimanakah caranya menghilangkan virus shortcut di flashdisk? Silahkan ikuti tahap-tahap di bawah ini. 

Pertama, masuk ke Windows Explorer.
Pilih tab "Organize" yang berada di atas pojok kiri, dan klik "Folder and search options".

 

Aktifkan "Show hidden files, folders, and drives" lalu unchecklist pada "Hide protected operating system files (Recommended)". Jika muncul notice seperti di bawah, Klik "Yes".

 

Biasanya sampai sini folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden. Untuk menormalkannya kembali, silahkan buka CMD (Command Prompt).

Setelah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk berada, misalnya pada Drive H, maka ketikkan H: dan enter, lalu ketikkan kembali: attrib -s -r -h /s /d
 
 

Sekarang cek flashdisk Anda, apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Kalau sudah, Anda bisa menghapus folder yang menurut Anda rasa tidak pernah Anda  miliki dan tidak jelas.

Pada dasarnya, cara tersebut hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut secara sementara. Apabila flashdisk kembali dicolokan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut, maka hal tersebut bisa terulang kembali. 

Solusi alternatif, Anda bisa menggunakan software antivirus seperti Smadav misalnya. Lakukanlah “scanning” secara menyeluruh pada perangkat komputer dan flashdisk Anda.

Demikian cara menghilangkan virus shortcut yang mengganggu komputer dan flashdisk Anda. Semoga membantu.

Referensi : JalanTikus.com

0 komentar:

Posting Komentar