Senin, 09 Oktober 2017

Mengatasi Hardisk Tidak Muncul di Windows Explorer

Hardisk Anda tidak bermasalah dan sudah dipasang dengan benar di PC atau laptop tetapi tidak muncul di Windows Explorer?

Saya juga pernah mengalaminya, dan ternyata pemecahan masalahnya tidak rumit-rumit amat. Jika memang masalah yang sedang dihadapi Anda seperti saya, silahkan ikuti poin-poin berikut ini :

Pada Windows Explorer, atau bisa juga dari Start Menu, Klik kanan pada “Computer”  pilih “Manage”  dan Anda akan masuk pada “Computer Management”. 

Di Computer Management, klik “Disk Managemenet".

Di sana akan terlihat semua perangkat Hardisk atau Flashdisk yang terdeteksi atau terbaca di Windows. Biasanya, hardisk yang tidak terdeteksi di Windows Explorer tidak memiliki “Drive Letter Paths”, pilihlah Hardisk (Internal maupun Eksternal) yang tidak ada hurufnya. Lantas klik kanan dan pilih “Change Drive Letter and Paths” pilihlah huruf sesuai keinginan Anda yang belum ada di Windows Explorer."
.

Setelah itu, jika berhasil biasanya akan muncul “AutoPlay” seperti ketika Anda baru  memasukkan flahsdisk. Artinya, hardisk Anda siap untuk digunakan seperti biasanya.
Langkah-langkah yang saya jelaskan di atas adalah untuk versi Windows 7, tetapi langkah tersebut berlaku pada setiap versi OS Windows. Hanya saja, tempat beberapa optionnya saja yang berbeda.

Masalah ini, bisa terjadi pada perangkat portable seperti flashdisk, atau mungkin kartu memori yang dipasang ke PC menggunakan Card Reader. Tetapi hal ini sangat jarang terjadi. Selain itu, hardisk yang tidak terdeteksi di Windows mempunyai sejumlah sebab, ini hanya salah satunya saja. Untuk penyebab-penyabab lainnya, barangkali saya akan menjelaskannya di lain waktu.

Demikian. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar